Telkom dan Bappenas Membuat Platform untuk Integrasikan Data Pemerintah

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) bersama Telkom Indonesia berencana mengintegrasikan seluruh data kementerian, lembaga, serta pemerintah daerah (pemda) ke dalam tiga platform yaitu BigOne, BigBuilder, BigEnvelope

Telkom dan Bappenas sudah di tahap penyelesaian manajemen metadata untuk memudahkan integrasi data dari sejumlah institusi pemerintah.

Pengelolaan data ini nantinya menggunakan standar Statistikal Data and Metadata Exchange, ISO 19115, ISO 19157, dan Open Geo Spatial Consortium Catalog Service Web (OGC CSW).

Deputi Executive Vice President Digital Platform and Enabler Telkom Komang Budi Aryasa menjelaskan bahwa data yang telah terintegrasi bisa menjadi landasan dan memudahkan pemerintah dalam mengambil keputusan.

Baca Juga  Reddit Ikuti Tiktok, Hadirkan Fitur Konten Video Pendek di Perangkat iOS

“Teknologi dan digital bisa mendorong birokrasi menjadi lebih efisien. Kemudian industri menjadi lebih kompetitif dan masyarakat yang akan mendapatkan layanan dari pemerintah secara lebih mudah,” kata Komang, dikutip dari Katadata, Kamis (13/10).

Komang menjelaskan platform integrasi data dapat mengonversikan berbagai tipe sumber data, yang kemudian diolah menjadi data yang terstruktur. Ia menilai banyak pemda yang menyimpan data dengan format berbeda-beda dan terpisah.

Page: 1 2
Next
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.