Nvidia Perkenalkan RTX A2000, GPU Mini Untuk Worksatation

Nvidia baru saja meluncurkan GPU baru bernama RTX A2000 yang didesain untuk para pengguna profesional yang memiliki PC dengan form factor kecil karena lebih hemat ruang dan memiliki daya lebih hemat. Hadir sebagai GPU berbasis Ampere terkecil yang pernah dibuat oleh Nvidia, RTX A2000 memang dibuat untuk digunakan ke PC form factor kecil yang memiliki kemampuan Ray-Tracing dan AI milik Nvidia.

Disebutkan bahwa GPU besutannya ini dapat menghadirkan performa hingga 8 teraflops berkat kehadiran 3328 CUDA cores, memori GDDR6 6GB dengan ECC, dan juga kecepatan clock hingga 6001 Mhz yang tergolong cukup cepat. Dari speifikasinya di atas kertas, tampaknya GPU RTX A2000 ini bakal menghadirkan performa yang sama seperti RTX 3050 di laptop namun dengan daya yang lebih hemat karena memakan 70 watt saja.

Nvidia sendiri mengatakan bahwa GPU kecil miliknya tersebut dihadirkan untuk memberi performa terbaik saat menggunakan aplikasi 3D modelling seperti Blender, Autodesk 3DS Max, hingga Cinema 4D yang seperti kita ketahui membutuhkan tenaga besar dari segi GPU untuk melakukan rendering.

Selain itu dari segi desainnya, GPU ini tidak memiliki banyak elemen seperti di GPU RTX 3000 Series dan justru mirip seperti beberapa model GPU AMD Radeon yang memiliki desain minimalis dan bersih. Sementara untuk harganya, Nvidia berencana menjual RTX A2000 ini dengan harga sekitar US$450 dan bakal ada beberapa OEM seperti Asus, Dell. HP, Lenovo, dan lainnya yang meluncurkan GPU RTX A2000 ini.

Baca Juga  Direktur Telkom Berkunjung ke SpaceX, Ada Apa?
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.