Google Lucurkan Layanan VPN untuk Mac dan Windows

Foto : Google VPN

Google meluncurkan akses layanan VPN untuk pengguna desktop. Akses ini tersedia untuk anggota paket Google One Premium 2 TB atau lebih.

Dikuti dari The Verge, Pelanggan dengan paket berlangganan ini dapat mengunduh aplikasi VPN dari Google melalui Windows dan MacOS. Layanan ini tersedia di 22 negara dari desktop Anda untuk menyembunyikan IP Anda dan mengurangi pelacakan online.

Saat ini layanan VPN Google masih dalam pengembangan dan perluasan layanan. Karena aplikasi ini masih memiliki keterbatasan yang sama seperti Android dan iOS.

Pengguna hanya dapat menggunakan layanan ini di salah satu negara yang didukung oleh Google. Pengguna tidak bebas menggunakan Google VPN untuk melewati batasan geo (lokasi) pada siaran langsung olahraga atau siaran lainnya.

Selain batasan ini tidak seperti layanan VPN iCloud Plus, Apple Google One VPN tidak mengizinkan pengguna untuk mengatur alamat IP dari negara lain secara manual. Google mengatasi kerentanan ini dengan menetapkan alamat IP ke lokasi koneksi pengguna.

Terlepas dari pro dan kontranya Google pada awalnya menawarkan layanan VPN ini sebagai tambahan gratis untuk paket pelanggan cloud Google One 2TB di Amerika Serikat pada tahun 2020.

Kemudian layanan tersebut akhirnya diperluas ke Meksiko Kanada Inggris dan Prancis. Jerman Spanyol Italia dan banyak lagi. Google baru-baru ini menyertakan layanan VPN ini di Pixel 7 dan 7 Pro juga.

Baca Juga  Rekomendasi Aplikasi VPN untuk Android Terbaik Saat Ini
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.