Cara Mengatasi Baterai Laptop yang Cepat Habis

Ilustrasi : unplash

Laptop telah menjadi kebutuhan penting bagi para profesional modern. Namun terkadang baterai laptop cepat habis sehingga banyak orang yang penasaran dengan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Selain bobotnya yang ringan dan keberadaan baterai sebagai penyimpan energi laptop tentu menjadi alasan utama mengapa laptop lebih banyak digunakan daripada perangkat komputasi (PC) saat ini.

Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis

Sejak laptop pertama kali diluncurkan di pasaran ada keluhan tentang baterai laptop yang bocor atau tidak menyimpan energi yang berarti laptop akan cepat habis atau mati jika tidak diisi ulang.

Tentunya hal ini akan mempengaruhi kinerja dan mengurangi efektivitas laptop sebagai komputer yang praktis. Nah ulasan kali ini akan membahas terlebih dahulu faktor apa saja yang membuat baterai laptop lebih cepat habis

1. Mengisi Penuh Baterai Laptop

sebelum menggunakan laptop, terutama jika laptop tersebut masih baru dan belum bocor baterainya. yaitu dengan cara mengisi penuh terlebih dulu baterai hingga 100%.

Biasanya tidak memakan banyak waktu hanya 2-3 jam. Selain membuat perangkat lebih awet juga memberikan kenyamanan saat menggunakan laptop.

2. Mengatur Daya Baterai ke Battery Saver

Aktifkan Batteray Saver di Windows 10 dengan mengklik kiri ikon pesan di sudut kanan bawah untuk menyesuaikan opsi penggunaan baterai laptop lalu nyalakan mode penghemat daya.

Baca Juga  Tecno Pova 4 Pro, Smartphone Gaming Harga Rp2 Jutaan Hadir di Indonesia
betteray saver windows 10
betteray saver windows 10

Jika anda menggunakan windows 7/8/8.0 kamu bisa klik ikon baterai pada pojok kanan bawah, lalu aktifkan mode ballance, selanjutnya atur Turn off the display pada baterai menjadi Never juga atur Put the computer to sleep menjadi Never.

3. Menyiapkan Hibernate & Opsi Low Battery

Kemudian lakukan konfigurasi pilihan Hibernate dengan cara Power Optios > Change Plan Settings > Advance Settings > Battery > Set it to hibernate. Selanjutnya atur Low battery level 5%.

4. Biarkan Baterai Laptop Kamu Habis Dengan Sendirinya

Kemudian nyalakan laptop selama proses kalibrasi dan secara otomatis akan menguras baterai. Kemudian isi ulang hingga baterai terisi penuh.

Pastikan Anda tidak menggunakan laptop selama pengukuran ini. Setelah proses kalibrasi baterai selesai Anda dapat mengembalikan power plan ke pilihan semula.

5. Install Smarter Baterry

Anda juga bisa menggunakan aplikasi Smarter Battery. Aplikasi ini berfungsi sebagai pemantau baterai untuk laptop yang ditujukan untuk memberi semua data baterai kepada kamu. Aplikasi ini juga mampu untuk memperpanjang dan menghemat baterai kamu

Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis

Pengguna laptop seringkali meremehkan kesehatan laptopnya apalagi jika digunakan dalam jangka waktu yang lama yang menyebabkan baterai laptopnya cepat habis. Bagi anda yang belum mengetahui penyebab baterai laptop anda cepat habis berikut penjelasanya:

1. Sering di Pakai untuk melakukan pekerjaan yang berat

Akibatnya penggunaan laptop yang berlebihan akan meyebabkan laptop mudah panas. Hal tersebut akan membuat baterai laptop cepat habis dan menurunkan kualitasnya. selain itu penggunaan internet juga memicu baterai boros.

Laptop juga akan bekerja lebih ekstra jika jaringan pada internet buruk, laptop akan menjadi panas dan berpengaruh pada baterainya. Alhasil, saat digunakan, baterai laptop akan boros.

Baca Juga  Next Generation Thunderbolt, Punya Kecepatan Transfer Data hingga 120Gbps

2. Menggunakan laptop terlalu lama

Laptop menjadi panas jika digunakan dalam waktu lama. Ketika Anda menggunakan laptop selama berjam-jam atau sampai baterai mati itu dapat merusak komponen baterai.

Jika laptop digunakan untuk waktu yang lama sistem akan memanas. Ini mempengaruhi bagian lain dari baterai. Efeknya komponen dalam baterai tersebut akan menguras baterai laptop dengan cepat.

3. Menggunakan laptop saat di-charge

Hal ini merupakan penyebab utama kebanyakan baterai laptop menjadi bocor, terutama jika membiarkan laptop terus dicharge sambil dioperasikan dengan keadaan baterai yang sudah terisi 100% penuh, itu sangat beresiko dan berbahaya untuk kesehatan baterai laptop.

Menggunakan laptop saat di charger itu akan menyedot daya baterai secara tidak langsung, Jika tidak menginginkan baterai laptop cepat bocor dan habis maka anda wajib menghindari perilaku seperti ini.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.