Cara Mudah Menginstal File Apk di HP Android

Ilustrasi APK Android Foto : Canva

Bagi pengguna smartphone, pasti sudah tidak asing dengan aktifitas install aplikasi. Proses menginstall aplikasi di smartphone Android biasanya dilakukan melalui Google Play Store

Namun, Pasalnya tidak semua aplikasi yang kita cari tersedia di Google Play Store. Bahkan ada kalanya juga mungkin kamu ingin menginstall aplikasi secara offline disitulah kamu membutuhkan file apk (dengan catatan file apk harus sudah diunduh). Nah apa sih file apk itu? berikut penjelasanya:

Apa Itu File Apk

Android Package Kit (disingkat APK) adalah format file paket yang digunakan oleh sistem operasi Android untuk distribusi dan pemasangan aplikasi seluler. Sama seperti sistem Windows (PC) yang menggunakan file .exe untuk menginstal perangkat lunak,

Hal ini bisa kamu terapkan jika perangkat Android kamu tidak memiliki akses ke Google Play Store, file APK mungkin satu-satunya pilihan untuk menginstal aplikasi di perangkat android

Cara Menginstal File Apk di HP Android

Sebelum melakukan tahap-tahap menginstall file apk secara manual pada smartphone Android, ada baiknya kamu harus mengatur izin pemasangan aplikasi dari sumber yang tidak diketahui pada pengaturan android berikut caranya :

  • Download APK dari sumber yang terpercaya
  • Buka gadget Android kamu
  • Pergi ke aplikasi File Manager
  • Masuk ke Folder yang menjadi tempat menyimpan APK
  • Temukan file yang ingin dipasang, kemudian tap dua kali sehingga file tereksekusi
  • Pilih Next beberapa kali sampai muncul pilihan Install
  • Tap pilihan Install dan tunggu hingga proses pemasangan selesai
  • Jika berhasil, kamu bisa temukan aplikasi yang dipasang menggunakan APK itu di halaman menu
Baca Juga  Cara Mudah Blokir Email Spam di Gmail

Namun perlu diingat, menginstall file apk dari sumber yang tidak di percaya dan diketahui memiliki kelebihan dan kekurangan berikut penjelasanya :

Kelebihan dan Kekurangan File APK

kelebihannya yaitu kamu dapat secara bebas mengunduh dan menginstall aplikasi yang tidak ada pada Play Store.

Sedangkan kekurangnya yaitu kamu harus selalu memperbarui versi APK secara berkala dengan download APK versi terbaru, karena APK tidak bisa diperbarui secara otomatis seperti halnya jika memasangnya dari Google Play. Langkah selanjutnya adalah uninstall aplikasi yang lama, kemudian memasang kembali APK terbarunya.

Selain itu beberapa layanan APK memungkinkan kamu mengunduh aplikasi bajakan. Ini ilegal dan harus dihindari. Lebih buruk lagi, file APK mungkin berisi malware karena banyak yang mengira mereka mendapatkan versi awal Fortnite untuk Android ditemukan dengan cemas.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.