Cara Agar Data di Ponsel Android Kamu Tidak Bisa di Lacak

Saat ini aplikasi dan situs web dapat mencari dan mengumpulkan data pengguna untuk berbagai tujuan seperti menampilkan iklan yang relevan. Tapi sekarang hal itu bisa dicegah dengan mengubah pengaturan privasi di ponsel Anda.

Sayangnya aplikasi dan situs web yang Anda gunakan mungkin tidak menggunakan informasi Anda dengan baik. Jadi mau tidak mau anda harus dapat melindungi privasi Anda sebaik mungkin. berikut caranya

1. Menonaktifkan Lokasi Anda

Salah satu cara aplikasi atau web dapat melacak Anda adalah dengan melacak lokasi Anda. Saat Anda masuk ke Akun Google dan mengaktifkan Riwayat Lokasi Google dapat mengawasi setiap tempat yang pernah Anda kunjungi.

Pelacakan itu dapat bermanfaat dalam beberapa hal karena dapat memberi Anda peta yang dipersonalisasi, pembaruan lalu lintas waktu nyata, dan membantu Anda menemukan telepon Anda.

Namun, jika Anda tidak ingin raksasa teknologi mengikuti Anda ke mana pun Anda pergi, Anda dapat memilih untuk menonaktifkan Riwayat Lokasi atau menghapusnya.

2. Menonaktifkan Aktivitas Web dan Aplikasi

Riwayat lokasi bukan satu-satunya sistem yang menyimpan lokasi Anda. dala beraktivitas di internet.

Saat Aktivitas Web & Aplikasi Anda diaktifkan, informasi, termasuk penelusuran, lokasi, alamat IP, iklan yang diklik, dan bahkan barang yang Anda beli disimpan di Akun Google Anda.

Jika Anda tidak suka, Anda bisa menonaktifkan setelah ini di Pengaturan, klik Google, pilih Kelola Akun Google Anda, lalu klik Data & Privasi kemudian pilih Setelan riwayat, pilih Aktivitas Web & Aplikasi. Klik tombol Matikan. Anda juga dapat menghapus data yang disimpan secara otomatis

3. Ubah Pengaturan Lokasi

Selain memblokir Google dari penyimpanan lokasi Anda, Anda juga harus mengubah pengaturan lokasi di ponsel Anda sendiri. Dengan cara, buka Pengaturan, pilih lokasi, Nonaktifkan penggeser untuk Gunakan lokasi di bagian atas layar. Pilih Berbagi Wi-Fi dan Bluetooth.

Baca Juga  Cara Mudah Blokir Email Spam di Gmail

Selanjutnya matikan penggeser Pemindaian Wi-Fi dan Pemindaian Bluetooth. Kemudian klik tombol kembali untuk kembali ke layar lokasi. Pilih Opsi Lanjutan Ketuk Layanan Lokasi Darurat dan nonaktifkan penggeser jika Anda mau.

4. Matikan ID Iklan

Untuk mematikan fitur ini di perangkat Android Anda, inilah yang perlu Anda lakuka, buka Pengaturan ponsel Anda, kemudian buka Google. lalu ketuk Kelola Akun Google Anda, arahkan ke tab Data & privasi.

Namun, menonaktifkan personalisasi iklan tidak berarti bahwa Anda akan berhenti melihat iklan. Mereka akan tetap ada di sana, tetapi keuntungannya adalah mereka hanya akan menjadi iklan umum bukan yang dipersonalisasikan.

5. Ubah Izin Applikasi

Anda dapat melihat aplikasi mana yang mengakses lokasi Anda dengan membuka pengaturan, pilih Lokasi klik Akses aplikasi ke lokasi. Terdapat tiga kategori perizinan yakni diizinkan sepanjang waktu, hanya diizinkan saat digunakan, dan tidak diizinkan.

Jika Anda memiliki aplikasi yang memiliki diizinkan sepanjang waktu dan hanya diizinkan saat digunakan yang ingin Anda hapus akses lokasinya, cukup ketuk aplikasi tersebut. Kemudian, pilih Jangan izinkan.

Nah itu penjelasan untuk mengamankan data kamu di ponsel android agar tidak terlacak. selamat mencoba! 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.